Wakil Walikota Minta Siswa Sekolah Di Jaktim Dukung Program Adipura

Para siswa sekolah diharapkan ikut membantu upaya Pemkot Jakarta Timur dalam menciptakan kebersihan lingkungan. Upaya tersebut bisa dimulai dari lingkungan sekolah dan tempat tinggal masing-masing.


“Upaya menciptakan lingkungan bersih bukan hanya tanggungjawab pemerintah semat, namun juga tanggungjawab masyarakat dan para siswa sekolah,” kata Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H. Asep Syarifudin, dihadapan para siswa dan pengajar di SMAN 61 Jakarta, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup), di sekolah tersebut Senin (30/11).


Asep mengatakan, saat ini Pemkot Jakarta Timur sedang berupaya keras untuk mempertahankan Piala Adipura yang merupakan lambang supremasi tingkat nasional dibidang kebersihan. “Persaingan untuk mendapatkan Piala Adipura setiap tahun semakin berat. Kota-kota di Indonesia tentunya saling berlomba untuk mendapatkan piala tersebut yang pada tahun lalu diborong oleh lima wilayah kota di Provinsi DKI Jakarta,” terang Wakil Walikota.


Sebagai kota metropolitan dan berada di Ibukota negara, tentunya sangat ironis bila Jakarta Timur tidak berhasil mendapatkan Piala Adipura. Untuk itu dirinya mengajak, seluruh siswa sekolah di Jakarta Timur untuk mendukung program Adipura.


“Selain bersaing dengan wilayah lain di DKI, Jakarta Timur juga bersaing dengan kota-kota besar lainya di Indonesia. Saat ini ada tiga kota yang jadi saingan berat yaitu Palembang, Surabaya, dan Bekasi. Ketiganya saat ini sedang berjuang cukup keras untuk merebut Piala Adipura yang jumlahnya hanya lima,” ujarnya.


Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengharapkan nilai-nilai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus mulai ditanamkan sejak usia dini. Menurut Asep, lingkungan sekolah merupakan tempat pembelajaran dan penerapan PHBS, selain di lingkungan rumah dan masyarakat.


“Saya mengharapkan seluruh siswa Jakarta Timur dalam kehidupan keseharianya di sekolah dapat menerapkan PHBS, sehingga dapat membudaya demi terciptanya masyarakat yang bersih dan sehat,” katanya.


Menurut Wakil Walikota, PHBS di sekolah harus diterapkan oleh seluruh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. “Lewat penerapan PHBS di sekolah ini diharapkan secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat,” ujar Asep.


Asep dalam kesempatan ini juga meminta kepada para murid agar belajar dengan sungguh-sungguh, untuk bekal hidup mereka kelak. Menurut Wakil Walikota, pendidikan merupakan modal utama yang harus dimiliki setiap anak bangsa untuk dapat bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.


“Tanpa pendidikan yang cukup dan memadai, kita tidak bisa bersaing dengan bangsa lain. Untuk itu saya berpesan untuk terus belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyak sebagai modal dalam memasuki dunia kerja,” pesannya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT/jakarta.go.id)

0 Response to "Wakil Walikota Minta Siswa Sekolah Di Jaktim Dukung Program Adipura"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates